Rumah Baru Firdaus

Assalamu'alaikum..

Menjadi santri.. adalah kesempatan terindah yang sangat saya syukuri.
Dari maba saya sudah jadi anak kos-kosan, bisa dibilang minim pengetahuan agama.
Ya.. seperti anak kos pada umumnya,
suka pulang malam, karaoke dan kegiatan unfaedah lainnya.

Tiba-tiba ingin mencari lingkungan baru, yang dikelilingi kebaikan dan saling mengingatkan.
Iya.. mondok.
Awalnya saya hanya mengantar teman.. ke Pesantren Mahasiswa Firdaus (PESMA FIRDAUS).
Sama sekali gak bermaksud buat kesana si.
Tapi.. pas saya lihat program-program di Pesma Firdaus, eh akhirnya saya tertarik.
Alhasil saya mendaftar ke Pesma Firdus.

Kesan Pertama 
Ketika pertama kali tinggal di Firdaus, keramahan menjadi kesan pertama saya.
Padahal saya baru datang, eh.. udah diajakin makan bareng.
Itu yang membuat saya nyaman.

Before-after menjadi Santri
Belajar memasak
Awal masuk firdaus, jujur saya tidak bisa masak hehe.
Pas jadi anak kos, masak oseng kangkung aja gagal total!
ah pokoknya bukan cerminan ibu yang baik deh :v
Alhamdulillah.. saya belajar masak disini.
Karena memang di Firdaus diwajibkan untuk ikut piket masak.
Jadi, mau gak mau, banyak tugas atau gak, berat atau tidak, harus ikut masak deh.


Belajar disiplin 
Awal jadi santri.. duh nakal banget deh saya.
Maklum, habis jadi anak kos dengan pergaulan bebas, 

tiba-tiba jadi santri dengan segala aturan yang ada. Rasanya ingin mental...
Tapi.. semua ini memang butuh proses.
Jadi.. di firdaus, setiap jam 05.00 dan jam 19.30 adalah waktu untuk mengaji.
Mengaji disini maksudnya kami belajar tentang ilmu agama.

Dulu, sebelum hidayah itu datang, saya sering menyepelekan ngaji.
Sering izin tanpa alasan, sering menduakan dengan aktivitas duniawi (Re: Tidur).
Alhasil, saya jadi kacau dan berantakan.

Namun seiiring berjalannya waktu, saya belajar untuk lebih disiplin ngaji,
iya.. walaupun kadang masih terlat. Tapi saya berusaha untuk slalu masuk.
Allah memang maha adil.. semenjak itu hidup saya menjadi lebih teratur.
memang benar Allah tidak bisa diduakan dengan hal apapun.
'Ketika kita mendahulukan Allah, Allah pasti akan permudah urusan kita'
Ucapan salah satu ustazah di Firdaus, yang melekat di otak.

belajar ilmu agama
Di Pesma Firdaus saya belajar banyak ilmu agama.
mulai dari pengantar ilmu hadist, ,,,,,,,
InsyaAllah tidak pernah rugi ketika kita belaja ilmu Allah.
Ilmu Allah yang luasnya tak tertandingi,
Ilmu tersebut yang menjadi bekal kita di akhirat. 
Karena saya sebagai calon orangtua, sudah seharusnya membekali diri dengan banyak ilmu.
Ilmu tersebut yang menjadi bekal saya dalam mendidik anak kelak.

Membaca Al-Qur'an dengan Makhorijal Huruf yang benar
Banyak diantara kita yang bisa membaca Al-qur'an, tapi sedikit dari kita yang bisa membaca dengan makhorijal huruf yang bennar. Begitupun saya.
Dulu, lidah saya sangat kaku. Asal Baca. 
Ternyata pas disuruh Baca Al-ikhlas, zonk. Harus ngulang berkali-kali.
Nah di Firdaus ini, kita bener-bener di ajarkan makhorijal huruf mulai dari huruf Alif sd Ya.
Memang butuh ketelatenan.
Alhamdulillah diajarkan oleh ustazah yang sabar, perlahan saya bisa membaca.
Tidak hanya makhorijal huruf yang benar, tapi dengan lagu yang indah.
Ada lagu Jiharkah, atau Nahawan misalnya.

Kekeluargaan yang erat
Alhamdulillah saya menemukan keluarga baru di Firdaus.
Keluarga yang saling mengingatkan,
Saling menguatkan, seperjuangan, dan satu tujuan. InsyaAllah.
Bahkan, walau kita sudah jadi alumni, kita masih selalu dianggap sebagai keluarga Firdaus.
Hal yang saya sukai lagi,  di Firdaus terdiri dari berbagai latar belakang santri yang berbeda-beda,
Entah dari pergerakan hijau, merah, putih, kuning dsb.
Tapi disini, kita tidak saling menghujat. Justru hal itu menambah bahan diskusi hehe.

Kegiatan Santri
Di Firdaus ini banyak kegiatan rekreasinya juga loh.
Setiap satu tahun sekali ada Rihlah Berhikmah. 
Biasanya kita rihlah ke luar kota malang.
Ada juga kegiatan lomba lain, seperti lomba Tilawah dan Lomba masak.
Lomba tersebuut Diwajibkan untuk seluruh santri.
 
Itulah sekilas cerita saya sebagai Santri Firdaus yang masih ingin selalu terus belajar.
Buat adik-adik yang ingin mencari lingkungan yang baik, 
Saya sangat sarankan untuk belajar di Firdaus.
InsyaAllah kita tidak akan pernah rugi belajar disana.
Asalkan semua ini diniatkan karena Allah :)


Ingin tau lebih lanjut tentang Pesma Firdaus?
Coba kepoin di web nya langsung deh hehe
www.firdaus-malang.co.id

Comments

  1. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    ReplyDelete

Post a Comment

leave comment here..

Popular posts from this blog

Sekilas.. Ilmu dan Teknologi Pangan

Organisasi itu nomer satu, tapi kuliah yang utama !

Penjual Tape Termahal Keliling Malang