Sekilas.. Ilmu dan Teknologi Pangan


Assalamu'alalaikum...
Hy sobat-sobatku.. How are u doing? I hope you are okay ;)
Well sebelum kita ke topik, boleh dong perkenalan bentar, yakk :D. Namaku Lantip Titik Sarici, bisa dipanggil Titik atau mbak Tajem (ini mah karya temen2ku hahaa). Alhamdulillah ane adalah Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) 2014 dengan prodi yang ane ambil Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP).
FTP Jaman Old



Sebelum kita bahas ITP nya sendiri, ane mau kenalin FTP UB dulu yaa. Jadi, FTP UB bisa dibilang fakultas yang terkenal dengan praktikum yang seabrek/setumpuk/segunung dkk. FTP juga bisa dibilang dengan Fakultas Terdepan Prestasinya (ini bukan narsis atau mau eksis, tapi fakta ye :p). FTP UB sendiri mempunyai 3 jurusan diantaranya Teknologi Industri Pertanian (TIP), Teknik Pertanian (TEP), dan Teknologi Hasil Pertanian (THP). Untuk jurusan TIP Cuma ada prodi TIP, sedangkan jurusan TEP dibagi beberapa prodi seperti Teknik Biproses serta Teknik Sumber daya Alam dan Lingkungan, Sementara itu untuk Jurusan THP punya prodi Bioteknologi Pangan dan Agrindustri, lalu Ilmu dan Teknlogi Pangan. Nah prodi-prodi itulah yang dijadikan pilihan buwat SNMPTN, buka jurusannya ya tapi PRODInya. Nah loo.. bingung kan!!! hahaaa.
ITP? Apa sih ITP? Terus apa bedanya ITP UB dengan ITP di Univ lain misalnya **S (hayoo tebak :p). Hmm gini lho ceritanya.., jadi kalo ITP di **S itu masuknya Fakultas Pertanian sedangkan ITP UB masuk kedalam Fakultas “Teknologi” Pertanian (FTP). Oke fix udah tau kan ITP UB itu masuk jurusan THP. Nah sekaranga ane mau bahas ITP secara lebih detail. Well, tau gak sih kalo ITP UB itu sudah BERAKREDITASI INTERNASIONAL. Dan itu merupakan akreditasi Internasional kedua setelah IPB.  Jadi ITP  mendapat akreditasi nasional oleh IFT (Institute Food Technology) pada tahun 2010. Terus knapa kalo udah akreditasi Internasioanl hah? Owalah.. ya tentu saja itu bisa mempermudah kalian kalo semisal kalian ingin melanjutkan studi keluar negeri ataupun mencari pekerjaan di luar negeri. Nah selain itu kalian bisa berkesempatan dapet beasiswa dari IFT guyss..
Dengan akreditasi Internasional itu menandakan bahwa prodi ITP UB sudah memenuhi mutu yang ditetapkan secara Internasioanl, ya dari IFT itu sendiri. Jadi istilahnya, ITP UB itu gak kalah keren sama prodi ITP yang ada di univ luar negeri gitu lah. Selain itu, sarana dan prasana seperti laboratorium juga sudah sangat sangat lengkap dan medukung untuk kegiatan mahasiswanya. Syarat untuk dapet akreditasi Internasional itu juga harus ada prestasi internasional yang diraih oleh para mahasisa. Nah.. Tau Gak Si Kalau mahasiswa ITP yang secara tiga tahun berturut-turut menjuarai International Food Competition yang diselenggarakan oleh IFT!!!

ITP Belajar Apa ya???
Hmm.. terus ITP itu mempelajari tetang apa aja? Apa Cuma buat makanan-makanan aja, kalo gitu  mah gak usah kuliah gua juga bisa. SALAH BESAR! Makanan yang diolah dengan teknik khusus tentunya akan berbeda cita rasanya. Kamu bisa bedakan kan rasa SARI ROTI dengan roti yang dijual eceran, pasti beda kan. Nah disitulah peran anak2 ITP. Di ITP itu nanti kita belajar memperlakukan makanan secara khusus. Seperti cara pengolahan makanan, pengawetan dan pengemasan. Mengapa si makanan perlu diolah? Ya agar bisa bertahan lama. Cara memperpanjang umur simpan gimana? Ya dengan pengawetan. Caranya? Ya misalnya dengan iradiasi. Nanti kita juga bakal belajar yang namanya Blanching, sterilisasi, pasteurisasi dll. Terus bagaimana cara pengemasan yang baik pada makanan hasil olahan? Nah nanti di ITP kalian akan diajari itu semua. Tenang... di ITP itu mapel yang difokuskan lebih ke Biologi sama Kimia (gak ada fisikanya kok, eh ada deng Cuma dikit doang ).  Kalau mau masuk ITP, harus bisa berteman baik dengan mikroba ya hihihi. Karena disini kita bakal menjalin hubungan serius dengan mikroba. Ya seperti Bakteri Asam Laktat, Saccharomyces cerevisiae, dan Bakteri asam asetat. Mereka semua dapat dimanfaatkan menjadi makanan fermentasi yang bergizi tinggi lho.. seperti Yoghurt, Kefir, Keju, Tape, dan sebagainya... nah jadi kita ntar bakal mempelajari cara pembuatan itu semua
Fresh Info aja si.. sekarang kita udah pake kurikulum baru 2014, jadi sekarang udah gak ada lagi peminatan kaya dulu. Kalau dulu kan di semester 4 kita harus  ngambil peminatan. Nah peminatannya itu ada: Nutrisi Pangan, Bioteknologi Pangan dan Agroindustri, serta Teknologi Pengolahan Pangan. Jadi dikurikulum baru ini kita bisa ngambil MKP (Mata Kuliah Peminatan) sesuaka hati kita gaes... oh ya mungkin ada yang pingin tau tentang  kurikulum per semester dan silabus mata kuliah ITP FTP UB, langsung klik aja ini ...KURIKULUM ITP dan SILABUS MATA KULIAH .
Sebenarnya ane pingin ngejelasin itu semua, tapi artikel yang ane tulis udah terlalu panjang jadinya takut mubadzir hahhaaa. Okee.. itu sekilas tentang ITP UB.. Oh ya kalo dulu prodi ITP bertitle S.TP. Nah tapi untuk sekarang sudah ada perubahan menjadi S.T.. jadi insyaAlloh nanti nama ane berubah menjadi Lantip Titik Sarici, S.T hehee aaamiin. Mungkin itu aja yang bisa ane share. Karena ane masih semester awal jadi ya gak bisa membagi ilmu tentang ITP lebih tajam lagi setajam silet. Maapiin yaakk.

PROSPEK KERJA ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN

Sebegitu pentingnya pangan sampe pak Soekarno bilang, "Pangan itu urusan hidup dan mati suatu bangsa". Nah terus kata dosen ane, "Selama manusia masih ada, maka pangan akan terus dibutuhkan". Nah kan bukannya masih ada lagi, malah udah membludak para manusia ini. itu terbukti kalau lulusan pangan InsyaaAllah akan terus berjaya!!. Hemm Kalau ngomongin masalah prospek kerja... never ending lah. Kita bisa kerja di perusahan kece kaya unilever, danone, garuda food, Indofood, Mayora  dsb. Ada buaanyak banget kan perusahaan makanan di Indonesia. Hmm terus kita bisa jadi. Hmm terus kita bisa jadi manager, Staf Pengembang Produk, Processing Engineer, Staf Quality Control. Kita juga bisa kerja di BPOM, jadi dosen atau jadi wirausahawan yang punya perusahaan keren. Nah, jadi wirausahawan tuh peluangnya gede buanget, tau ndiri lah orang Indonesia pada doyan makan. hehe.  Kita lihat deh sekarang, jumlah bahan pangan tidak sebanding dengan populasi manusia. Akibatnya apa? Munculah bencana kelaparan diberbagi daerah. Nah, disini sangat diperlukan peran ilmuwan pangan untuk membuat pangan dengan nilai gizi yang tinggi. Mungkin juga kita bisa buat makanan yang bisa membuat kenyang seharian, jadi bisa menghemat bahan baku kan. Hehe..
Nah.. maka dari itu, tunggu apa lagi. Yokk gabung sama ITP UB! Yokk ayokk.. ane tunggu kedatangan kaliann okeyy ;)
Semoga bermafaat .. J

Waalaikusalam wr.wb.

Comments

  1. Salam kenal:) saya rencananya mau ambil ITP UB SNMPTN tahun ini:) tapi saya masih bingung perbedaan ITP dan bioteknologi pangan dan agroindustri itu bagaimana. Mohon bantuan penjelasannya kak. Terimakasih sebelumnya:)

    ReplyDelete
  2. salam kenal juga...
    Sebenernya biotek pangan dan agroindustri itu peminatan yang ada di ps ITP, nah tapi sekarang udah jadi ps sendiri kan, tapi kalo anak ITP masih bisa ambil peminatan itu.
    Nah kalo biotek pangan itu belajar tentang aplikasi bioteknologi terhadap produk2 pangan serta proses yg melibatkan yeast, bakteri, mikroorganisme lain, tanaman & hewan transgenik, bioproses dalam penanganan limbah industri pangan, teknik biosensor pada bahan pangan serta evaluasi keamaan pangan hasil rekayasa genetik.
    Kalo ITP itu kan tentang pengolahan maknan ya. Jadi ITP itu berkaitan dengan pengolahan makanan, pengawetan makanan dan keamanan, pengolahan hasil pertanian, jaminan mutu, dan kemasan maknanan.
    JAdi seperti itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. akreditasnya biotek pangan gimana?

      Delete
    2. Karena biotek pangan itu termasuk ps baru jadi untuk sementara masih C. Akreditasi C bukan brarti kualitasnya jelak ya, untuk ps baru biasanya ada kemungkinan dari BANPT yaitu tidak terakreditasi ataupun akreditasinya C. Nah kalo dapet akreditasi C brarti ps itu emang bagus. Nah ntar kan akan diadakan aakreditasi ulang, so akreditasi biotek bisa saja naik jadi B atau bahkan A... :)

      Delete
  3. kuliah reguler itu rasanya gimana? apa dosen akan menjelaskan per bab secara detail? atau cuma dikasih modul seperti saya kuliah di UT (universitas terbuka).saya jurusan ITP di Universitas Terbuka, tapi rasanya bingung banget. karena kita cuma belajar dari modul, kalau tidak mengerti ya sudah nggak ada yang jelasin. rasanya saya pengen terminal aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau disini, biasanya dosen ngajar pake PPT. Nah jadi kita harus fokus terus dengerin dosen, soalnya apa yg disampaikan dosen kadang gak ada di ppt, jadi harus siap2 nyatet. Dan yg diomingin doswn itulah yg sering keluar pas UAS/UTS. Kadang jg dosen ngasih buku rujukan. Tp aku sendiri jg gak pernah beli buku si, ppt dari dosen+fokus perhatiin dosen pas ngajar, itu bagiku udah cukup. Tapi lebih baik kalo kita tambah pengetahuan dg buku rujukan si. Ya intinya, kita yg harus aktif nyari ilmu, krn kita bukan anak SD lagi yg harus dibimbing permateri. :)

      Delete
  4. jadi kalo SNMPTN tahun depan kalo mau ambil ITP langsung kan, soalnya saya lihat di UB gak ada THP..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya langsung ITP.
      Kan THP itu jurusan di FTP. Nah dibawah THP itu ada prodi ITB dan bioteknologi dan agroindustri. Yg buat snmptn itu prodinya :)

      Delete
  5. ITP yang tahun depan masih gabung sama agroindustri gak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya gabung?
      ITP ftp ub itu mandiri kok. Gak pernah gabung sama siapapun.. Dia berdiri sendiri. :)

      Delete
  6. apakah kuliah di ITPnya full english kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak kok. Tapi memang kebanyakan para dosen menggunakan PPT berbahasa inggris. Iya kan kita udah akreditasi internasional, gak boleh buta english dong.
      Oh ya ada jg dosen gaul yg pake full english, sampe2 kalo gak sengaja ngomong indonesia, didenda perkata 500 haha

      Delete
  7. Kak ITP UB itu kira-kira peluangnya besar enggak ya kak, untuk tahun2016 nanti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya peluang di terima snmptn/sbm, atau peluang apa?
      Semua orang pny peluang yg sama. Kadang jumlah alumni jg berpengaruh penting terhadap ketrimanya kita.krn itu berkaitan dg tingkat kepercayaan si. Semakin banyak alumni yg berprestasi, biasanya semakin besar peluang kita diterima. Tapi yg paling penting, nilai kita bisa bersaing dg yg lainnya apa gak.. dan.. do'a :)

      Delete
  8. Fresh info..
    Saat ini ITP udah memakai kurikulum baru. Jadi sekarang sudah tidak ada peminatan lagi. Mahasiswa bebas mengambil mata kuliah pilihan yg sesuai dg minatnya. :)

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum kak..salam kenal :),kak aku mau nanya kalo prosepek kerja kedepannya di ITP apa ya? dan biasanya nilai rata-rata minimal untuk mencapai ke ITP lewat smptn nanti berapa? makasih ya kak buat jawabannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam.. salam kenal juga:)
      Prospek kerja:
      Sebegitu pentingnya pangan sampe pak Soekarno bilang, "pangan itu urusan hidup dan mati bangsa". Nah terus kata dosen ane, "selama manusia masih ada, maka pangan akan terus dibutuhkan. Nah kan bukannya masih ada lagi, malah udah membludak para manusia ini. Itu terbukti kalo lulusan pangan insyaAllah bakal terus jaya.
      Kalo prospek kerja banyak dek,kita bisa kerja di perusahan kece kaya unilever, danone, garuda food dll sbg
      Staf Pengembang Produk, Processing Enggineer,Staf Quality Control. Kita jg bisa kerja di BPOM, jadi dosen atau jadi wirausahawan yg punya perasahaan keren. Nah jdi wirausahawan tuh peluangnya gede banget, tau ndiri lah orang Indonesia pada doyan makan hehe.
      Nilai minimal:
      Nilai minimal ini ga bisa di patok ya. Krn tergantung pesaing kita gimana, jumlah alumni yg diterima, prestasi kita,akreditasi sekolah dan faktor X lainnya.kadang kita lihat anak yg lulusan sekolah TOP nilanya 75an, ada anak yg dr SMA biasa, prestasi biasa Nilainya 85an. Tp kok yg diterima malah yg 75an tadi? Nah.. itu krn dia pny poin plus sendiri. Tp jujur dulu nilai rata2 ane ga terlalu tinggi, tp alhamdulillah ane yg diterima di ITP padahal ada satu daerah ane yg daftar, why? Krn mungkin ane udah punya alumni di ITP. Nah.. jadi jangan ngandelin snmptn aja, belajar juga buat SBM. Soalnya ane denger porsi Sbm bakal lebih dibanyakin ketimbang snmptn. Jadi... jangan lupa doa' dan restu ortu y.. semangat yaa.

      Delete
  10. kak, beda ITP sama TIP itu apa ya...? aku baca di berbagai sumber kok hampir sama gitu:/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda banget lah dek.. coba deh download silabus mata kuliah sama kurikulumnya (lihat di artikel), disana ada ke3 jurusan. Dari sana ntar kamu bisa lihat sendiri yg diajarkan TIp sama ITP :)

      Delete
  11. kak mau tanya kalau alumni yang di UB itu yang diterima banyak, tapi enggak di ps ITP itu ngaruh enggak ya??

    ReplyDelete
  12. tidak begitu berpengaruh kok, soalnya ada beberapa hal yang mempengaruhi penerimaan SNMPTN misal ada alumni, akreditasi SMA/MA/SMK, nilai, pesaing dan kuota mahassiwa baru yang diterima.

    ReplyDelete
  13. ka mau tanya . THP itu mempelajari ITP juga ga sih ? aku bingung mau ngisi THP / ITP .

    ReplyDelete
    Replies
    1. dek, jadi di FTP itu punya 3 jurusan, salah satunya adl THP. Nah, dibawah THP itu ada program studi ITP sama Biotek. Setau ana, kalo di snmpt/sbm yang tersedia itu prodinya dek.. yaitu ITP atau biotek :)

      Delete
  14. Kak mau tanya kalo rata-rata nilai buat masuk itp itu berapa sih kira2? Nilai yang dilihat dari nilai yg di UN kan doang? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata2 ya? hmm jujur ana gak tau pastinya dek. Itu ranahnya si penyeleksi hehe. Karena ada yang nilalinya tinggi banget tapi gak lolos, sedang yang nilainya biasa aja malah diloloskan. Knp? itu semua karena faktor X. soanya yang dilihat kan gak nilai doang, ada faktor lain kaya jumlah alumni, passing grade, prestasi kita, akreditasi sekolah dll. Tapi minimal rata2nya 80an keatas lah. tapi kembali lagi, itu bukan suatu hal yang baku ya.
      Iya, kalo untuk nilai yang dilihat nilai yang di UNkan. tapi biasanya nilai mapel lain mjd bahan pertimbangan juga si..

      Delete
  15. Kak, minta id line boleh?

    ReplyDelete
  16. Bagusan mana ITP IPB, UGM, IPB dan Brawijaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin secara akreditasi bisa diliat
      ITP IPB : A internasional
      UGM : A
      UB : A internasional

      Delete
  17. Assalamualaikum, kak mau tanya apa kuliah TIP termasuk kuliah yg berat? praktikumnya sebanyak apa? dan apakah semua itu sulit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam
      Teknologi Industri Pertanian?
      Semua jurusan di FTP itu praktikumnya lumayan banyak ya. Kadang seminggu ada yang 4 kali praktikum gitu.
      Kalo untuk TIP ane kurang tau dek,ane taunya THP. Kalo di THP emang praktikum seminggu cuma 2, tapi tiap praktiku itu bisa seharian sendri.
      Kuliah yang berat? tergantung kitanya si. Kalo kita enjoy, insyaAllah gak berat kok, sulit? kalo dihadapi bareng2 sama temen pasti semuanya akan lebih mudah. Kadang apa yang kita bayangkan gak sesuai dg kenyataannya lho. DUlu juga pas awal aane mikirnya bakal berat banget kuliah disini, tapi setelah dijalani.. hmm semuanya biasa saja~
      Semangat yaa

      Delete
  18. Assalamualaykum. Saya mahasiswi d3 jaminan mutu pangan IPB. Boleh minta kontak person nya? Fb kah? Atau apa saja. Saya ingin bertanya tentang alih jenis unibraw

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam..
      boleh,, hubungi ke fb ku aja ya..

      Delete
  19. rata" penelitian TIP ttg apa? kak lantip sendiri, sudah goal berapa kali nih, buat loma semacam LKTI gitu
    *tetarik bgtt

    ReplyDelete
  20. Kak itp kalo udh lulus dapet gelar s.t. ? Itu mulai berlaku sejak kapan? Hehe tks

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Secara garis besar, dari matakuliahnya perbedaan prodi ITP dan TIP apa ya kak? Tetima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. karena keduanya gak ada persamaan, jadinya berbeda :3
      hmm kalo di TIP itu lebih fokus ke sistem manajemen industri atau pemasaran. jadi setelah barang itu diterima, trus langkah selanjutnya itu apa yang harus dilakukan, nah itu fokus TIP. kalo ITP itu fokus ke pengolahannya, gimana cara membuat produk dg teknik2 tertentu..

      Delete
  23. Hay kak lantip salam kenal yah๐Ÿ˜Š aku tahun ini pngn nglanjutin ke ub ka rencanannya, jg pngn ambil jurusan di ilmu dan tehno pangan kak, doain ketrima yah kak๐Ÿ˜‡

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin dek
      Semangat yaa
      Ditunggu lho :)

      Delete
    2. Iya kak Aminnnn๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š kak id line nya apa? Boleh minta?

      Delete
  24. kalau lewat SBMPTN kita nulisnya jurusannya atau prodinya ???

    ReplyDelete
  25. Kak mau nanya ilmu dan teknologi pangan sama teknologi pangan itu bedanya apa, kan di ub itp kalo di univ lain kan ada yg cuma teknologi pangan gitu?? Apa matkulnya beda??

    ReplyDelete
  26. Assalamualaikum kak. Mau nanya, kira-kira passing grade untuk jurusan TIP sama gizi lebih tinggi mana ya? Takut salah pilih buat prioritas sbmptn. Makasih :)

    ReplyDelete
  27. Assalamualaikum kak, mau nanya bedanya teknologi bioproses sama bioteknologi aja gimana ya?

    ReplyDelete
  28. Kak mau nanya dong, kuliah pake setengah english susah gaa ? Eheheh

    ReplyDelete
  29. Kak mau tanya ttg praktek prakteknya di itp ub biayanya berapa ya kak ngabisinnya biasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat kita bayar UKT itu udah mencakup seluruh proses pembelajaran dek, termasuk praktikum.
      Jadi utk praktek itu gak ada biayanya dek

      Delete
  30. Kak klo ilmu teknologi pangan itu matkulnya banyak mempelajari apa kak?contoh kyk kimia mtk atau fisika

    ReplyDelete
  31. Kak aku mau masuk itp ini lewat snmptn, untuk kakak sendiri ada kriteria atau strategi nilai khusus ga kak? Aku tau masalah nilai itu ada di kehendak panitia tapi dari kakak sendiri ada strategi khusus ga?
    Salam kenal kak, terima kasihh ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. Strategi khusus.. apa ya, lihat temen satu sekolah ada yang daftar di jurusan yang sama apa gaak. SOalnya biasanya dipilih salah satu saja.. dan itu berdasarkan kriteria tertentu (asumsiku si nilai).
      Strategi yang lain.. banyakin doa aja deh :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  32. kak untuk masuk ITP UB passing grade nya berapa? Waktu kakak snmptn kakak masukin ITP UB ke pilihan berapa?Dan waktu itu apa aja yang kakak ambil? Maaf banyak tanya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak update passing grade yang sekarang deek.. maaf ga bisa jawab.
      waktu itu pilihannya..
      1. ITP UB
      2. TIP UB
      3. lupa - UGM
      hehe

      Delete
  33. Kakak dulu sma nya jurusan ipa apa udah dijurusan pertanian smk?

    ReplyDelete
  34. Kakak Sma-nya di kota apa? Terus kalo unbraw jalur SNMPTN Nerima dari luar wilayahnya gak ? Soalnya kan ada beberapa universitas yang tidak Nerima dari luar wilayahnya

    ReplyDelete
  35. salam kenal kak, masuk ITP UB susah nggak? aku bingung mau belajar tentang apa, dan boleh critain gimana proses kk msuk ITP UB. makasih kak

    ReplyDelete

Post a Comment

leave comment here..

Popular posts from this blog

Organisasi itu nomer satu, tapi kuliah yang utama !

Penjual Tape Termahal Keliling Malang