Penjual Tape Termahal Keliling Malang


Assalamu’alaikum Kawans...
Pernahkan kawans melihat mobil termahal di dunia? Hp termahal? Pasri respon kawans biasa ajalah, pasti mereka punya teknologi yang lebih canggih jika dibanding dengan yang lainnya. Tapi, apakah kawans pernah melihat TAPE TERMAHAL DI DUNIA? Pasti dalam pikiran kawans, “Wuihh pasti rasanya enak banget ya tapenya. Pasti beda dari yang lainnnya”. Nah.. percaya gak, ane pernah beli tape termahal di dunia lho.. Jadi gini ceritanya...
Sebenarnya, ane sering melihat penjual tape termahal ini keliling UB. Dan ane merasa kasihan sama Bapaknya, karena Beliau tidak bisa berjalan dengan sempurna seperti kita semua. Nampaknya kaki Beliau sedikit bermasalah sehingga Beliau harus berusaha lebih keras lagi untuk berjalan. Ane gak bisa membayangkan, bagaimana bisa Bapak tua itu terus berjalan mengitari seluruh kampus UB yang ane rasa itu bukan kampus yang sempit, ditambah teriknya matahari yang lumayan membuat tenggorokan kering. Apalagi harus membawa beberapa kantong Tape yang ane rasa itu pasti membuat tangan pegal jika terus dipegang. Namun Beliau menjalani ini dengan penuh semangat dan tidak pernah mengeluh. Setiap kali ane melihat Bapak tua ini, ane merasa iba karena ane membayangkan Beliau sebagai Ayah Ane sendiri. Ane gak bisa ngebayangin kalau Ayah ane berjualan Tape keliling seperti itu dengan kaki yang tidak sempurna untuk berjalan. Ingin rasanya ane membeli seluruh tape itu, tapi apa daya ane cuma mahasiswa biasa dengan dompet pas-pasan.
Sore itu ane ada simulasi untuk Ospek Jurusan, karena ane kebetulan jadi panitia. Ane berangkat ke kampus, dan secara kebetulan ane bertemu dengan Pak Penjual Tape. Langsung ane panggil Bapaknya.
“Pak.. mau beli Tape”
“Haduh.. capek banget nduk. Mau belin Berapa nduk?”
“Itu harganya berapaan Pak”
“Satu Plastiknya 40 ribu”. Sontak ane terkaget laksana disengat lebah yang bisa bikin orang sakit bermalam-malam. Dalam hati ane.. duh kok mahal banget ya, tapi ane gak tega kalau ngomong ke Bapaknya. Ane gak tega pula, udah sore begini Tapenya masih banyak. Kasian Bapaknya Pasti Capek banget.
“Pak.. kalau beli setengahnya boleh gak?”
“Iya gak papa..”
Langsung ane berangkat ke kampus dengan membawa setengah kantung tape lalu dimakan bareng. Di kampus, ane diinterogasi sama temen2 ane. Ini beli dimana? Berapa harganya?. Saat ane kasih tau harganya, ternyata temen2 ane tak kalah kagetnya dengan ane. Begitu juga dengan temen kos-an ane. Mereka semua bilang..
“Lho dipasar tape lho Cuma berapa ribu. Gak mungkin sampe 40 ribu”
“Kok kamu mau si beli tape mahal banget?” ane Cuma bisa bilang . . .
“Yah sudahlah.. sedekah buat Bapaknya”.
Beberapa hari kemudian ane sempet kaget karena Bapak Penjual tape ini muncul di artikel seperti di Kapanlagi.com dengan judul “Teror Penjual Tape Termahal Bikin Warga Malang Gerah. Tapi ane agak risih soanya di situs tersebut si admin agak memojokkan Beliau. Di artikel itu disebutkan bahwa Pak Penjual Tape ini memanfaatkan tindak-tanduk, suara dan wajah memelas agar Tapenya laku keras. Katanya kalau Pelanggan mau beli sedikit gak bakal diberi. Tapi kenyataannya gak tuh.. buktinya ane beli setengahnya di kasih sama Bapaknya.
Ane Rasa.. tidak perlu menyebarkan berita yang mengolok-olok semacam itu. Barangkali Beliau benar-benar sedang memtuhkan banyak rezeki untuk keperluan keluargnya. Apalagi yang antum olok2 itu orangtua lho, gak sopan banget lah. Ane malah lebih menghormati Beliau ini, disaat yang lainnya pada pasrah dengan keadaan, dan hanya bisa mengadahkan tangan dipinggir jalan untuk menerima belas kasih orang. Namun, Bapak ini masih mau usaha keras keliling berjualan tape dari pagi sampe sore.
Kalau kita tidak mampu beli yasudah jangan mencaci maki, kalau kita punya uang lebih, apasalahnya untuk berbagi. Toh sedekah itu banyak manfaatnya kan.. ada banyak keajaiban yang kita dapatkan jika kita rajin bersedekah. Saudaraku.. insyaAllah kalau kita rajin sedekah, Allah akan melipatgandakan rezeki kita. Rosulullah SAW bersabda: Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya Sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka Bersedekalah kalian, niscaya Allah menyayangi Kalian (Al-Wasil 6:255).
Tau gak si? Sedekah juga salah satu ciri orang yang bertakwa lho.
“Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhan-mu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa,(yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah Mencintai orang yang berbuat kebaikan. “ (QS. AL-Imran 3:133-134).
Sebenarnya, masih banyak lagi keajaiban dari sedekah. Kawans bisa cari sendiri ya apa faedahnya. Nah... syukron yaa telah mendengarkan cerita ane. . Mudah-mudahan bermanfaat ya kawans.. dan jangan lupa untuk bersedekah. Ane rasa, cukup sampe disini dulu cerita ane. J
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Halo.
    Mau nanya, apakah ada informasi mengenai di mana bapak ini tinggal?
    Terimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment

leave comment here..

Popular posts from this blog

Sekilas.. Ilmu dan Teknologi Pangan

Organisasi itu nomer satu, tapi kuliah yang utama !