Pengalaman PKL, mendapatkan tipe belajarku yang unik

Tiap orang punya tipe belajar yg berbeda-beda.

Setelah menjalani PKL di PG Gula, baru sadar kalo tipe belajar ku itu mengkombinasikan antara:
auditor, sensori, kinetik, dan sentuhan.

jadi sebelum pkl biasanya aku belajar dulu teori secara umum, kemudian mengamati secara langsung & menghubungkan dg teori, bertanya, dan finally diskusi penutup utk meluruskan konsep.

Dan ternyata, hasilnya LUAR BIASA, dunno why rasanya nyambung banget dan ilmu yg di dapat jadi lebih melekat (Ekspresi iklan obat mujarab)!.

SAYANGNYA, selama ini aku belajar (kuliah) hny menggunakan aspek auditori, lalu menghafal, pantes ya GAK NYANTOL2.
apalagi aku ga terlalu suka membaca, PANTES ya, tiap kali belajar PASTI NGANTUK.
Dan.. selama ini, aku terlalu memaksakan diri dg tipe belajar model orang2 jenius (mendngar, baca, langsung paham). Hasilnya? ZONK.
gak tau diri, padahal, aku pny tipe belajar yg unik.

SAYANGNYA (lagi), di sekolah atau kampusku, tidak memfasilitasi sistem belajar bagi orang2 yg unik seperti ku..

bagaimana bisa ya.. semua tipe belajar, mau ga mau harus dicampur dalam satu ruang pembelajaran dan mau gak mau mereka harus ikut dg aturan tipe belajar yg ada.
padahal I know, each you pasti ada yg kesusahan dalam mencerna materi. No, aku ga bilang kita bodoh, aku cuma bilang, Kalo kita telah terjebak dalam sistem belajar yg salah.
yah.. karena kita Orang UNIK dg tipe belajar yg Unik pula.

Sayangnya (lagi2), 70% dari kita, hanya MENGHAFAL, dan tidak tau maksud dan aplikasinya itu apa.
contohnya,
dimatkul BIOAMPANG, aku belajar SIKLUS KREB, sampe muyer2 ngafalin prosesnya (yah, soalnya profnya suka banget kaya yg begituan, kalo ngasih soal pasti begituan, jadi biar dpt nilai bagus aku kudu ngapalin yg begituan). aaaaa msh bnyk contoh yg lainnya.
temen2, yg tau APLIKASI siklus kreb di dunia kerja, tolong kasih tau saya-yg-bodoh-ini plis..

Parahnya lagi, kadang saat aku belajar, terus banyak pertanyaan, "iki kabeh gawe opo toh?", "ngapain aku harus belajar beginian si?", "kayanya ini ga penting".

tapi, kalo aku punya anak yg kaya begitu, aku bakal bilang: kalo emang bener itu gak berguna bwt hidupmu, oke stop it nak, dont waste your time..
gitu? bener apa salah?
No, harusnya kita jelaskan lebih banyak manfaat dan aplikasinya, ketimbang sebatas teori yg semu..

tapi, insyaAllah tidak ada ilmu yg sia-sia kok (selama kita paham gunanya itu untuk apa)(moon grin)(big happy smile)

orang tidak bijak mengatakan,
orang cerdas ialah dia yg mampu mengetahui apa keunikan dirinya dan mampu membuat solusi terhadap keunikannya itu.
Kata Lantip yg tidak sebijak mario teguh wkkw.

so, find your OWN way.
and be happy.
never stop to learn!

#neverstoplearning

-LTS-

Comments

  1. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    ReplyDelete

Post a Comment

leave comment here..

Popular posts from this blog

Penjual Tape Termahal Keliling Malang

Sekilas.. Ilmu dan Teknologi Pangan

Organisasi itu nomer satu, tapi kuliah yang utama !