JADI ORANG BERPRINSIP BIAR SIP!!

Assalamu’alaikum.. hayy gimana kabar kalian? Hehe.. long time no see youu.. Maafkan ane yang baru terbanguunn u,u

Pesmis? Pemalu? Canggung ketika bertemu orang baru? Lebih suka menyendiri? Tidak punya pendirian? Hmm.. apakah temen-temen  sekarang merasakan hal seperti itu? Kalau gitu, berati temen-temen punya cerita yang sama dengan ane-waktu-jaman-jahiliyah-dahuu-kala (hehe). 

Berbicara tentang prinsip hidup, simple sebenarnya, tapi sayannya tidak semua orang punya prinsip hidup yang jelas. Iya.. ane bilang tidak semua orang, karena masih banyak kok orang-orang disana yang mampu meneguhkan prinsip hidupnya  bahkan sampaai akhir hayatnya . Siapa mereka? Merekalah.. orang-orang sukses yang mampu memberi pengaruh besar pada dunia ini. Apa hubungannya prinsip hidup sama orang sukses???
Ane gak mau berbicara terlalu teringgi, ya ane akui kemampuan analisis ane masih belum sejauh itu untuk membahasnya. Tapi disini ane mau sedikit berbicara dengan aroma mahasiswa.. maaf kalau tulisan ini gak menginspirasi. Maklumlah, saya-hanya-mahasiswa-biasa-aja-yang-gak-ngehitz.

Kisah ini berawal dari masa putih abu-abu. Masa-masa galau yang tiap hari nanya “aku mau jadi apa ya?”, “aku ini bisanya apa si?”, “Aku lagi galau..” atau bahkan pertanyaan konyol, “Aku ini siapa?”. Atau mungkin temen2 pernah merasakannya? Ahh.. pasti tidaklah. Bocoran ya.. dulu itu  ane orangnya mudah terombang-ambing, terlalu mengikuti arus sampai gak tau kemana ane harus berlabuh.  Istilahnya, ane mudah banget dipengaruhi, mudah pesimis, dan kadang materialistis (eh gak ini becanda). Bahkan ane terlalu bergantung pada temen ane. Misalnya, dulu ane pingin banget ikut KIR (Karya Ilmiah Remaja), tapi karena gak ada temen2 deket ane yang ikut, akhirnya ane undur diri. Dulu ane juga sempet ikut EC (English Club) bareng temen, tapi karena temen ane terlalu sibuk dan tidak pernah berangkat, akhirnya ane pun ketularan. Terus akhirnya ane ikut Basket dan Jurnalistik (iya ini dikarenakan temen2 ane yang satu SMP banyak yang ikut jurnalistik, jadi ane ngikut2)... Akhirnya apa yang  terjadi?? Iya.. ane menyesal.. sangat-sangat menyesal.

NB : Temen2 ane tersayang... SESUNGGUHNYA HAL SEPERTI ITU SANGAT MEMBAHAYAKAN KELANGSUNGAN HIDUPMU.... (1)

Lanjut ke masa yang lebih menantang..masa peralihan..  masa perkuliahan..
Kejadian itu berlanjut hingga ane masuk kuliah... saat masih maba dulu, ane selalu ngintilin temen ane. Yah, pokoknya kemana2 harus bareng, kalo gak ada temen, gak mau jalan. Dan.. ujung-ujungnya sama. Apa? MENYESAL?
Temen2 ane tersayang... SESUNGGUHNYA HAL SEPERTI ITU SANGAT MEMBAHAYAKAN KELANGSUNGAN HIDUPMU... (2)
Memang kita butuh yang namanya teman, tapi ketika hal itu menjadi penghambat kita untuk berkreasi, karena keegoisan diri yang tinggi, tidak kah justru itu lebih banyak merugikan daripada menguntungkan???
Kemudian ane memasuki semester 3.. disemester itulah, ane mulai berani untuk keluar dari zona nyaman. Ane mulai berani melepas ikatan ane untuk tidak menggantungkan hidup dengan temen2 ane lagi. Kata temen2 ane si, mulai aneh, sering ngilang, dan suka seenaknya sendiri, hehe.. tapi.. tapi... justru itulan ane ngerasain yang namanya BAHAGIA (hmm, tapi bukan brati kita harus ninggalin temen kita ya. Maksud ane, kita harus bisa MANDIRI dalam melakukan hal yang sekiranya kita anggap itu merupakan passion kita. Biar HARIMAU didalam dirimu bisa keluar kandang hehe)

Waktu itu, ane berani memustuskan untuk terbang jauuuuuh dan jauuuuh tanpa batas. Walapun awal2 tidak punya temen untuk terbang, tapi kemudian ane menemukan teman2 baru ditengah jalan, teman2 yang sungguh2 sangat menginspirasi dan memancing ane untuk meningkatkan kualitas diri.
Ane ikut kepanitian tingkat universitas, ikut organisasi di dalam maupun luar kampus. Alhamdulillah banyak hal yang ane dapat, dan dapat dipastikan ane gak akan mendapatkan itu jika hanya membeku di dalam kelas saja hehe.
Alhamdulillah ane diberi kesempatan untuk  kenal dan bekerjasama dengan mereka. Ane mengamati.. bagaimana bisa mereka menjadi sosok hebat seperti itu? Pasti ada hal yang menjadi penopang mereka, kan? Gak mungkin mereka bisa secara instan terbang ke puncak tertinggi itu. Kenapa ya? Kira-kira apa yang membuat mereka sekuat itu? *coba deh temen2 analisa dulu. Menurut kalian apa? Apa? Iya bener....... itu.
Jadi, dibalik semua itu adalah PRINSIP.

Jika ane membandingkan dengan diri  ane-waktu-jaman-jahiliyah-dahuu-kala, dapat disimpulkan yang menjadi permaslahan pada diri ane adalah: TIDAK PUNYA PRINSIP YANG JELAS.

Why kita harus jadi orang yang BERPRINSIP?
PENTINGNYA JADI ORANG YANG BERPRINSIP... :
1. Selalu menemukan solusi dan tidak lari dari permasalahan
Ketika kita menghadapi masalah besar, kita pasti akan slalu bertanggungjawab untuk menyelesaikannya, bukan malah lari terbirit-birit.
Ane punya teman satu kepanitian. Hmm kepanitian ini bukan kepanitian main-main ya, dan divisinya pun bukan divisi main. Iya ini adalah kepanitian terbesar di UB. Waktu itu posisinya adalah sebagai Kepala. Banyak orang menaruh harapan padanya. Tapi, tbtb dia menghilang.. menghilang.. dan akhirnya malah memutuskan untuk keluar. Hmm memang alasan dia untuk keluar sangatlah krusial. Tapi melihat cara dia mengambil keputusan, ane rasa keputusan itu kurang bijak. Dia juga cenderung slalu pesimis, mudah terombang-ambing dan tidak pernah bergairah.. kalo ana amati, anak ini masih belum punya prinsip yang jelas dalam hidupnya, sehingga mudah sekali terpengaruh. 
2. Punya tujuan hidup yang jelas
Ya.. kita tau langkah-langkah seperti apa yang harus kita tempuh, dan kita tau kemana kita harus berlabuh. Karena orang yang labil, hanya sekedar mai-main tanpa punya tujuan yang jelas. Alhasil, masa-masa emasnya yang harusnya kita bisa JADI ORANG, terlewat begitu saja.. Orang yang tidak berprinsip ini cenderung tidak memiliki tujuan hidup yang jelas. Karena, hidupnya selalu samar-samar. Bukan mempersalahkan takdir, tapi karena kita sendiri yang tidak mau menentukan takdir kita sendiri. Padahal sudah sangat jelas bahwa, “Allah tidak akan merubah suatu kaum, sampai dia yang mau merubah apa yang ada pada dirinya sendiri”. 
3. Mandiri
Kita tidak lagi menggantungkan hidup kita untuk orang lain, tapi kita maju dengan prinsip yang kita bawa. Seperti cerita ane diatas, orang yang tidak berprinsip cenderung selalu menggantungkan hidupnya dengan orang2 sekitarnya. Alhasil, dia tidak mau mengambil jalannya sendiri. Bilangnya si, “pokoknya aku harus sama kalian” (padahal mungkin sebenarnya langkah itu tidak membuat dia nyaman. Ya,, karena dia tidak mau melangkah sendiri.. terkadang memang ada saatnya kita harus BERANI memutuskan LANGKAH kita seorang diri, jika memang kondisinya mengharuskan seperti itu. 
4. Berpikiran luas
Orang-orang yang berprinsip ini slalu mempunyai sudut pandang yang luas, jadi tidak fokus hanya pasa satu titik, sehingga tidak mudah menyalahkan orang lain. Karena biasanya orang yang berprinsip, juga akan MENGHARGAI prinsip orang lain. Jadi, dia tidak semera-merta mengganggap bahwa dialah orang yang paling benar.  
5. Teguh Pendirian dan Menjadi orang yang berpengaruh
Ketika kita punya prinsip yang jelas, orang2 yang belum berprinsip akan cenderung menyatu dengan kita. Jadi kita bisa memaanfaatkan kondisi itu dengan baik (tentu dalam hal kebaikan ya). Makanya, perlunya kita untuk meluruskan niat kita. Supaya tujuan kita bisa tercapai dengan langkah-langkah yang barokah. Biasanya memang si ya.. mayoritas pemimpin adalah orang yang memang punya prinsip yang kuat dalam hidupnya. Lha kalo dia gak punya prinsip, ntar kena masalah dikit galau.. di demo dikit ngambek.. lah ribet kan yak.

TIAP ORANG PUNYA PRINSIP YANG BERBEDA-BEDA
Allah menciptakan setiap manusia dengan berbagai karakteristik yang khas. jadi setiap orang tentunya punya cara berpikir yang berbeda, cara menyelesaikan masalah yang berbeda, bahkan punya prinsip hidup yang berbeda pula. Jangan salling menyalahkan, jangan kita kira bahwa kita orang yang paling benar. Tidak.. ane yakin temen2 disekitar kita tau mana yang buruk dan baik. Jadi hargailah prinsip orang lain ya.. J

PRINSIP ORANG YANG MENGINSPIRASIKU
Sebenarnya ini rahasia, tapi gpplah ane share kelakuan konyol ane :D. Ya.. ane orang yang suka banget mengamati orang lain (orang yang ane anggap menginspirasi). Ane analisis dengan detail gimana cara dia menyikapi masalah, cara dia memberi solusi, dan cara dia menjadi orang yang berpengaruh. Jadi hal positif pada mereka, banyak yang ana copas ke diri ana.. dan ini beberapa orang yang pernah ane tanya “Mbak.. Mas.. Prinsip Hidupmu apa?” Haha agak konyol kan.. semoga kalian mengerti :))

(Akhmad Khoiruddin)
 “Memilih dimana kita lebih di butuhkan. Bukan yg kita butuhkan. Sehingga, selalu berfikir jangan sampai ada dan gak adanya kita para suatu lingkungan tdk memberi pengaruh apapun.... terus lah memberi walaupun hanya sedikit.... Selalu menjadi org yg berpengaruh itu wajib”
 *Ini ane tanya jauh sebelum beliau menjadi presiden EM ya... Hmm mas Udin ini sosok pemimpin yang cerdas, humble, dan selalu punya banyak cara dalam mengatasi setiap masalah. 

(Safda Riva)
“Di setiap ngambil keputusan, setiap bertindak, selalu pertimbangkan seberapa kebermanfaatan dan kemudharatan. Suka engga suka, memang harus pake fiqh prioritas.  Ingat, orang sukses melakukan hal yang HARUS dilakukan meskipun dia engga suka sama hal tersebut”.
 *sosok wanita tangguh, yang pandai membawa pengaruh positif  kepada orang sekitar di setiap dia berada. Publik speaking joss, manajemen forum muantep, mantan menteri Advo, DPM FTP, DPM UB. Wahh pokok menginspirasi banget lah. Setiap kali deket sama beliau, bawaannya semangat gitu, pinginnya positif terus~

(Fajri Rahman)
“Husnudzon atas apa yang terjadi, ini motto sebenarnya. Soalnya tiap kejadian pasti ada hikmah baiknya. Itu yang susah diliat”.
*ketua Komisi III DPM UB. Kebetulan ane stafnya. Dan masnya ini luar biasa banget, selalu humble ke setiap orang. Orangnya gak neko-neko, apa adanya, tapi slalu tampil luarbiasa. eaaa
Yang paling berkesan, pas beliau mencalonkan diri jadi DPM 2015 saat waktu debat terbuka. Udah datangnya awal, terus tilawah lagi..

(Kemala Oktariny)
“Prinsipnya lillah fillah billah.Indikator kita sukses itu jika apapun yang kita lakukan membawa kita semakin deket sm allah”.
*waktu itu mbak keke ini satu2nya wanita di DPM UB. Waktu itu kebetulan ane ikut kepanitiaan, dimana mba Keke ini adalah salah satu SCnya. Mbaknya, suaaabar banget.. Disaat beebrapa yang lain ini ngilang, mbaknya tetep setia sama kami dan tidak lari dari tanggungjawab. Meskipun cewek sendirian, tapi beliau berhasil membuktikan bahwa wanita itu harus kuat, kuat, dan kuat.
Semoga sukses ya mba.. semangat bu Dektor Muda :)

(Zahro')
“Bukan tentang aku. Tapi tentang arti setiap perubahan menuju kebaikan yang terukir karenaku”.
*Salah satu orang yang terdekat dengan ane (iyalah satu pondokan haha, tapi maksudnya bukan itu). Dia orangya super kreatif masyaAllah, super kritis, dan pastinya deket sama Allah,, Orangnya kongkrit banget, suka aksi sosial. Agak aneh, tbtb beli buku banyak banget buat disumbangin katanya. Tbtb ngilang, eh ternyata dia sedang mengukir prestasi. Ane banyak belajar dr dia.Walopun kita seangkatan, tapi ane rasa ilmu dia jauh lebih melimpah dibandingkan ane..

Nah tuh kan.. kebanyakan orang-orang hebat disekitar ane, mereka punya prinsip yang jelas dalam hidupnya. Sebenernya ada banyaaaak orang-orang hebat dan menginspirasi disekitar ane.. dan sampe sekarang ane masih banyak belajar dari mereka... hmmm Yokk kawankuuuu mulai sekarang kit:
 TENTUKAN PRINSIP KITA 
 KOMITMEN
TANGGUNGJAWAB
 JADILAH MANUSIA TANGGUH 
JADILAH ORANG YANG MENGINSPIRASI DENGAN VERSIMU, BAWA PRINSIPMU, DAN JADILAH ORANG YANG BERPENGARUH...
 
Mungkin sekian dulu ya cerita dari kurcaci tengil.. mohon maaf bila ada salah kata atau tafsiran. Kritik dan saran kalian ditunggu lho ya.. ;)
SELAMAT BERPROSES......

*insyaAllah nanti ane bakal post kumpulan prinsip manusia-manusia Hebat dan menginspirasi bagi hidup ane. Coming soon~
 
Salam Sayang,
LATISA
-Manusia Biasa-
 

Comments

Popular posts from this blog

Penjual Tape Termahal Keliling Malang

Sekilas.. Ilmu dan Teknologi Pangan

Organisasi itu nomer satu, tapi kuliah yang utama !