Gejolak Kepanitian Pemira 2016

Assalamu’alaikum...
Semoga kalian yang menjawab salam akan dilimpahi keberkahan oleh Allah SWT, selamat sejahtera dunia dan akhirat. Aamiin. Well, kali ini ane pingin sharing pengalaman ane saat menjadi keluarga divisi acara Pemira UB 2015. Hemm ane sengaja shared pengalaman ane ini, karena ane rasa kepanitiaan ini yang paling menggeletik, asik, eksotik tapi penuh pelik diantara kepanitian yang pernah ane ikuti. Lho kok bisa? Nah jadi gini alur ceritanya.. dengerin ya, dengerin dong, plis dengerin..  hehe (maksa banget -_- ).

Screening. . .
Waktu itu ane discreening sama kakak DPM (ane lupa namanya, pokoknya kaka DPM yang pake cincin akik gitu :D). Sampe2 ane gak fokus waktu diwawancara karena cincin akiknya berhasil mengalihkan perhatian ane, haha hitz banget lah. Biasalah ane ditanyain pertanyaan tentang motivasi, komitmen dll. Tapi pertanyaan yang paling ane inget
“Kita tau bahwa pemira ini kepanitian yang panas. Dan apabila ada perpecahan didalam internal divisi, saya gak tau kamu masuk golongan putih, hijau, merah, kuning stabilo merk Kiky (emang ada ya?) dan apalah, terus apa yang bakal kamu lakukan melihat kondisi seperti ini?”. Duh.. emang sepanas ini kah? Dalam hati ane..
“Pertama kita harus cari akar permasalahannya dulu kak, kalau kita udah tau masalahnya baru kita bisa mencari solusi dari masalah itu. Dan pastinya saya bakal digolongan netral kak.. karena kalau kita condong ke satu golongan, pasti suasana bakal semakin ricuh. Jadi saya berusaha untuk netral dan tidak terbawa arus ”*Pencitraan*
Kebersaaman Panitia
Akhirnya resmi bergabung dengan keluarga divisi acara. . .
*Padatnya Timeline . .
Bisa dibilang kalau divisi acara merupakan divisi yang paling padet jadwalnya. Hampir setiap hari pasti ada agenda yang dijalankan. Entah itu rapat untuk sekedar membahas tata tertib, petunjuk teknis dan pelaksana, atau simulasi. Yang jelas kita bener2 gak bisa bernafas lega selama satu bulan persiapan ini. Ane sendiri sampai beberapa kali kudu TA karena ada timeline dan kebetulan gak ada surat dispen (Alasan—aslinya seneng banget si wk). Kuliahpun cuma numpang duduk aja (iya karena gapaham apa yang diomongin dosen, ditambah gagal fokus cos mikirin acara ini), habis itu cus rapat lagi. Sampai banyak temen2 yang bilang, eh kamu kemana aja si? Tumben masuk? (astagfirullah ya).

Konflik Muncul . . .
Konflik mulai muncul saat beberapa hari menjelang hari H pemilihan. Suasana mulai memanas, bahkan tak sedikit orang yang saling menyalahkan, saling mengutarakan keluh kesahnya, merasa sangat lelah, bahkan tidak sedikit yang menitihkan air mata. Ane paham hal itu dikarenakan saking cintanya mereka kepada acara Pemira ini, mereka gak mau kalau pas hari H timbul konflik yang tidak bisa kita atasi sendiri. Iya, seperti yang kita tau kalau Pemira UB 2015 ini memakai sistem E-vote yang dilansir bakal muncul ke-error-an mengingat ini kali pertama E-vote diadakan di UB. Ada kekhawatiran juga bakal terjadi kericuhan pas hari H oleh beberapa golongan tertentu yang merasa tidak puas akan hasil voting. Bahkan pemira tahun lalu sampai kaca widyaloka pecah, ada yang ditonjok, disulut rokok, bagaimana bisa kami semua panitia tidak merasa was-was, khawatir, dan takut?? Wajar saja suasana makin memanas, karena kami ingin semua yang terbaik untuk pemira baik saat hari H atau usai pemilihan. Konflik itu diperparah dengan masalah panitia lokal yang belum terbentuk dibeberapa TPS, dan hampir seluruh fakulas belum ada tempat yang fix untuk pelaksanaan  E-vote.

FP... FAKULTAS  Permasalahan PERTANIAN
Alhamdulillah kebeteluan ane di PJ-in di FP (Fakultas Permasalahan Pertanian). Awalnya ane si santai aja ya, “oh.. FP toh”. Soalnya ane kira FP itu fakultas yang paling aman, nyaman, tentram dan bahagia, but the fact was beyond what i thought huuuuhuuuu. Katanya si, di FP itu sering ricuh kalau masalah Pemira gini. Nah apalagi tahun ini calon DPM FP ada 3. Wow.. bayangan ane udah kemana-mana. Tapi.. banyak berdo’a dan bismillah aja. Innallaha Ma’ana.. Allah Bersama Ana J
**Konflik Memuncak**
Tangga 16 Desember 2015, merupakan hari puncak perjuangan kita selama 1 bulan merangkak. Ane Cuma tidur beberapa jam saja karena harus nginep di FTP menunggu komputer diinstal. Sekitar jam 6.30 semua panitia diharuskan berkumpul untuk briefing sebentar. Ternyata apa yang terjadi??? Ada perubahan alur pemilihan yang sempet lumayan bikin ane panik. Karena ini ane udah terlanjur simulasi dengan Panlok ane dengan alur yang sebelumnya. Everything is gonna be ok..
Sekitar jam 6.20 briefing selesai. Ane pulang kos sebentar buat ganti pakean. Duh.. waktu itu udah gak kepikiran mandi, yang dipikiran Cuma acara bakal berjalan dengan lancar, udah gitu aja. DUH UDAH JAM SETENGAH 7 LEWAT!!! Udah mulai panik.. karena ane janjian sama panlok jam 6.30. Terus juga belum pinjem kursi tambahan, Proyektor, Mading. Duh gimana ini... bodoh banget kenapa ane pulang dulu Ya Allah...
Untungnya ada tim Divisi Perlengkapan yang super banget TOP BGT. Akhirnya ane nelfon si Bintang..
“Bintang.. kamu dimana. Bintang aku minta tolong ya kondisikan temen2 disana dulu. Ini aku masih di kos bentar lagi kesana.”
“Ini aku udah di tempat mbak.”
“Bintang sama Mas Ikhwan. Minta tolong pinjemin kursi 15 lagi ya, sama pinjemin Mading ke DPM. Oh ya minta tolong mas Bayu atau yoga juga”. Duh.. maafin ane ya udah ngerepotin kalian semua.
Sekitar jam 7 ane sampe di TPS FP. Ternyata disana Panloknya belum dateng semua. Ya Allah.. gimana ini. Mana belum ane briefing lagi. Mana TPS harus buka jam 8 lagiii. Jam 7.30 ane buga logistik dan disaksikan oleh panitia pengawas. Sebenarnya ane agak kaku si, soalnya ane belum pernah yang namanya buka kaya gini. Ditambah, panwasnya yang jutek abis dan marah2 terus. Duh -_-
Ternyata pembukaan logistik ini memakan waktu yang lama. Dan ternyata UDAH JAM 8!!!!! Ya Allah... ini panlok belum dibriefing lagi. Kami seluruh panitia dipanggil pak Warek III dan staf2 yang lain, yang intinya ngasih sedikit wejangan. Akhirnya mau gak mau TPS harus segera dibuka. Jam 8.12 TPS resmi di buka . . .
Panik  . . . (1)
Di awal-awal sistem sempet error. Komputer tidak bisa digunakaan dan akhirnya TPS di tutup sementara. Duh, disini ane mulai panik. Kok bisa gini si? Ane takut bakal ada massa yang protes dan akhirnya ricuh. Akhirnya ane ketua panlok dateng ke Kemahasiswaan FP untuk meminta perllindungan barangkali ada terjadi kericuhan. Dan alhamdulillah.. ane dapat kabar ternyata TPS udah normal kembali. Huftt legaaaa.
Panik . . . (2)
Di FP sengaja dibagi dibagi jadi 2 TPS karena ada 2 jurusan. Dimana setiap jurusan hanya bisa memilih di TPSny.  Karen DMA udah di setting disetiap jurusan. Itu kata Pak Sofyan (Ketua PPTI) sebelum hari H. Tapi kenyataannya pas hari H peraturan itu gak berlaku. Ternyata DMA kedua jurusan itu tercampur. Jadi yang jurusan Agro bisa nge-vote Ke TPS Agri dan sebaliknya. Tapi mengerikannya, ada beberapa mahasiswa yang tidak terdaftar sebagai Mahasiswa aktif di kedua TPS. Untungnya si ada beberapa mahasiswa yang legowo dg ini semua. Tapi ada pula mahasiswa yang memberontak keras sampai-sampai bikin semua panitia pemira geram bahkan Panwasnya turut campur.
“Ini gimana! Kenapa saya tidak bisa memilih. Padahal jelas2 saya di SIAM masih aktif. Tapi kenapa saya tidak terdaftar di kedua TPS!! Kalian panitia gimana si!!”. Ngomognya harus nyolot ya -
“Iya maaf mas.. ada kesalahan dari pusat. Ada beberapa DMA yang tidak terdaftar di pusat. Dan sabar mas.. ini kami panitia dan DPM lagi mengusahakan ke rektorat supaya masalah ini bisa teratasi.”
“Usaha seperti apa. Apakah itu bakal menjamin!!! Kalau misalnya saya tetep tidak bisa memilih bagaimana!!!!”
Totototetettototetotoett ceritanya panjang. Akhirnya ane bawa dia ke panwas, karena ane harus ngurusin masalah lain. Untungnya panwasnya gak kalah nyolotnya sama dia. Disitu ane mulai panik.. ane takut bakal ada lagi yang protes keras. Sempet ane tinggal sebentar, pas ane samperin masih aja ni orang protes mulu ya Allah.. akhirnya kami berua bareng2 ngadepin ini orang. Dengan berusaha keras meyakinkan ini orang, akhirnya dia mulai luluh, dan mau KTMnya ditingga. Huftt udah kelar..
Tapi.. masalah baru muncul lagi. Ada mahasiswa yang protes keras dan lebih ekstream lagi. Udah gitu badannya gede lagi. Ane gak takut kalah omongan, yang ane takut dia bakal memberontak, duh kelar sudah hidup gue.
“gimana si panitia kerjanya gak becus. Saya jurusan Agro tapi kenapa saya tidak bisa memilih di TPS agro. Kenapa saya tidak aktif disana!!!” *nyolot lagi
“Iya mas maaf.. awalnya memang begitu. Tapi ternyata ada kesalah sistem dari pusat jadi mas coba dulu aja ke TPS Agri. “
“Loh kok gitu!!! Saya udah ngantri lama! Saya gak mau ngantri lagi!!!”
“Yaudah mas biar gak lama lagi, silahkan mas ngantri dulu aja..”
Tetoetottttetttatteettkfdk setelah debat panjang akhirnya dia mau juga ke TPS sebelah. Sebel banget, di TPS ngomel mulu. Semua dikritisi mulai dari panitianya, tempatnya dan bla bla.. maunya apa sih ni orang.  Tapi..  Alhamdulillah banget, lokasi TPS nya gak jadi dipisah, ane gak bisa ngebayangin kalo dipisah tambah runyem ntar.

Panik . . . (3)
Mbak lantip mana mbak mbak lantip.. mbak ada orang protes lagi. Dan ternyata itu orang yang sama. Why u like bothering me hey -_-
“Katanya saya suruh ke TPS agri, tapi kenapa saya tetep gak terdaftar juga! Kalian mau main2 hah!!”. Lagi-lagi nyolot.
“Iya mas.. ada kesalahan dari pusat. Ada beberapa DMA yang tidak terdaftar di pusat. Dan sabar mas.. ini kami panitia dan DPM lagi mengusahakan ke rektorat supaya suara mahasiswa bisa tersalurkan semua”
“Kalian itu panitia ada persiapan gak si! Kalau gak bisa ngadain Evote jangan sok-sokan. Akibatnya apa,banyak yang tidak bisa tersalurkan suaranya.”
“Mas.. panitia itu hanya menjalankan sistem sedangkan yang membuat sistem itu dari pusat. Jadi tolongg jangan salahkan panitia terus. Ini panitia yang disana dan DPM juga lagi rapat di rektorat buat meminta perpanjangan waktu.”Sabar.. sabar..
“Oh jadi kalian itu Cuma staff! Sampe kapan rapat. Ini udah jam 2, dan TPS tutup jam 3. Pokoknya saya gak mau tau, saya harus bisa memilih. Karena semua mahasiwa berhak menyampaikan aspirasinya!”
“Iya mas.. makanya ini kami dan DPM lagi rapat sama rektorat sekarang.”
“Siapa DPMnya! Suruh kesini DPM nya! Suruh menghadap ke saya sekarang!!!”.
Sdajfisdufunusduaf udah ane merasa terpojokkan. Sampe gak makan, gak minum, dari tadi pagi gara-gara masalah ini. Di HT pasti ane yang paling rame sendiri.
“Mas fathan.. mas chaaiz. Ini ada orang yang sengaja bikin ribut, dan dia pingin ketemu DPMnya. Mas tolong panggil siapaun DPM, ini udah darurat banget. Tolong..”
Akhirnya ane di suruh masuk ke dalam ruangan sama Kak DPM FP.. duh baik banget. Untung juga ane dibantu sama Si Bintang yang nyoba ngomong sama mas itu. Tapi tetep juga gak mempan.
“udah mbak.. mbak Lantip tenang. Mbak Lantip Disini dulu aja mbak. Makan dulu mbak”. Rasanya udah gak bisa ngomong apa2, sampe ane gak sempet nge-vote di FPT. Ane ngerasa bersalah sama Bintang waktu itu, ane ninggalin Bintang gitu aja dan gak ngucapin makasih. Tapi ini semua karena ane panik.. dan ane pingin masalah ini cepet selesai.

*Konflik mereda
Ketika mas Luthfan (DPM UB) dateng, ya Allah rasanya lega banget. Rasanya seluruh ikatan yang bikin pusing di kepala lepas seketika. Memang ane rasa, orang ini harus dihadepin sama DPM nya langsung. Karena ia lawannya bukan ane, panitia kacangan tapi lawannya udah sama DPM nya langsung. Dan. Ada kabar pula kalau TPS Ditutup sementara sampai jam 4, lalu dimulai lagi jam set 5 dan ditutup sampai jam set 6. Alhamdulillah . . . bisa sholat dengan lega.. bisa makan juga.. sungguh nikmat rasanya.
Tapi.. masih.. aja yang protes.
“Katanya tutup jam 3, tapi kenapa diundur. Ini gak adil. Karena ditakutkan ada orang yang sengaja menyetting ini semua demi kepentingan tertentu”. Ya Allah apa lagi...Tadi TPS tutup jam 3, pada minta diundur. Pas udah diundur, salah lagi.. katanya ada settingan. Hidup ini memang serba salah ya Allah.. tapi alhamdulillah, masalah ini bisa diatasi.

**MEREDEKA!!!**
Beberapa menit menjelang penutapan, semua pihak keamanan berjaga dipintu masuk. Udah kaya upacara penutupan sakral aja dah. Akhirnya tepat jam 6.30 TPS FP RESMI DITUTUP.
“Alhamdulillah YA Allah..... yeeee akhirnya TPS ditutup. Alhamdulillahhhh...” Rasanya udah senenng banget gak bisa diungkapin. Rasa senennya udah nandingi lulus UN :D dah. Alhamdulillah.. perjalanan ane selama satu bulan diakhiri dengan pernak-pernik konflik yang apik.. dan Alhamdulillah gak ada kericuhan yang berarti. Alhamdulillah ya Allah..Teramakasih kepada seluruh Panlok yang telah bekerja keras hari ini....


**Pengumuman Sang Juara**
Semua panitia berkumpul di widyaloka untuk menyasikan hasil voting mahasiswa UB. Udah kaya nonton bioskop, banyak banget orang disitu, ada para calon dan petinggi rektotat juga.  Udah waktu itu ane udah ngantuk banget, ane udah gak ngurusin lagi dah.. akhirnya ane tidur pas lagi pada pidato penyambutaan. Wkwkkw ampun dah
Jeng-jengjeng... Akhirnya pengumuman Presiden dan DPM. Selamat ya kepada Presiden dan DPM yang terpilih. Barakallah wa innalillah.. semoga bisa amanah dan bisa menjadi pemimpin yang akan membawa kebaikan untuk Universitas Brawijaya. Aamiin ya Allah...



Nah... itu cerita ane di divisi pemira. Hmm barangkali ada kawans yang beriminat  jadi panitia pemira terutama divisi acara? Hmm gak usah takut dengenr cerita ane.. itu semua gak sekejam yang dibayangkan. What Doesnt Kill You makes you stronger. Percaya atau tidak, dengan semua konflik yang udah ane hadapai itu semua membuat ane jadi lebih kuat. Ane belajar banyak hal disini dan ane dapat banyak pengalam dan manfaat yang luar biasa hebatnya. Dan ane bangga, karena ane menjadi sejarah terlaksananya E-vote pertama kali di UB.
Makasih ya udeh dengerin cerita ane. Sekian... sampe ketemu di my story selanjutnya... byeee....
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Dibuang sayang . .
Rapat di rektorat lt


Debat terbuka
Briefing pawai
Kakak2 DPM super kece

Comments

Popular posts from this blog

Penjual Tape Termahal Keliling Malang

Sekilas.. Ilmu dan Teknologi Pangan

Organisasi itu nomer satu, tapi kuliah yang utama !