TIPS LOLOS SNMPTN



Assalamu’alaikum..
Hey heyy temen-temen ane yang kece, asik, menarik, ekostik, dan romantik (ehemm). Kali ini ane mau bahas mengenai, mengenai apa ya? Haduh lupa.. bentar, oh ya mengenai tips lolos SNMPTN. Emm sebenarnya ini bukan tips si, tapi lebih tepatnya nge-shared pengalaman ane sewaktu mendaftar SNMPTN hingga alhamdulillah telah berstatus Mahasiswa di Unversitas yang ane jadikan pilihan sewaktu ndaftar SNMPTN dulu.

1) Find your passion and talent
Yang paling awal dan paling membuat ane bingung ialah menentukan Prodi yang sesuai dengan passion, minat dan bakat. Ane merasa kayanya ane punya banyak passion disuatu bidang, makanya ane susah banget menentukan mana yang paling menggambarkan ane diantara yang lain hahaaaaa. Yang ane tau passion itu sesuatu yang bisa membuat kita lupa waktu ketika mengerjakannya. Sesuatu yang kita merasa mudah, menyenangkan dan meggebu-gebu ketika mengerjakannya.JAdi kita merasa tidak bekerja, tapi kaya sedang m Ketika orang lain menganggap itu bidang yang sulit, tapi kok kalian menganggap itu hal yang mudah dan menarik, itulah bakat kalian. Coba kalian cermati dan renungkan baik-baik, “sesuatu” yang bisa membuat kalian seperti yang tlah disebutkan tadi. Udah direnungkan? Udah punya gambarannya kah?

Yang menjadi pertanyaan ane dulu, Jika kita punya  bakat dibidang itu tapi kita tidak punya passion untuk menjadikannya pekerjaan dimasa mendatang, atapun kita punya passion tapi kemampuan (akademik) kita kurang mendukung , so apa yang harus kita lakukan?. Semisal gini, ane punya bakat dalam bahasa inggris, tapi ane gak punya passion untuk menngambil sastra ataupun pendidikan bahasa ingris. Terus misalnnya ane punya passion di bidang asitek, tetapi kemampuan matematika dan fisika ane kurang. so, gimana jalan tengahnya? Apa yang harus diutamakan? Passion atau minat???
Jawabannya adalah utamakan PASSION. Coba bayangkan kalian mengerjakan bidang yang tidak kalian sukai, pasti kalian akan setengah hati mengerjakannya dan hasilnya pasti kalian akan depresi dan ingin berheti ditengah jalan. Haduhh jangan sampai... sayang banget  kann????? Sementara itu, Jika kalian punya passion yang besar, maka kalian pasti akan mengerjakannya dengan penuh semangat tinggi. Dengan passion yang tinggi akan mendorong kalian untuk berusaha lebih keras agar bisa menguasainya. Jadi semuanya menjadi lebih menyenangkan bukan?. Ini motto hidup ane guys, HARD WORK IS ALWAYS PAY OFF. Artinya kerja keras akan selalu terbayar. Jadi kerja keras selalu berbandng lurus dengan hasil. Jika kalian benar-benar telah bekerja keras untuk mendapatkan sesuatu, pasti hasil yang kalian dapatkan juga akan memuaskan. Karena kerja keras tak akan pernah menghianati J
Jadi dengan minat dan passion yang tinggi, kerja keras yang tinggi, insyaAllah kalian akan bisa menguasai bidang yang sulit sesulit apapun (ane juga pinginnya gini, tapi realitanya tak seindah yang ane katakea :’(

2). Ikuti kata hati
Kata hati adalah keinginan yang timbul dari bawah kesadaran, yang terkadang sering terabaikan dan terkalahkan oleh pikiran. Kata hati gak akan pernah menjerumuskan kita. Terus, bagaimana si membedakan antara “kata hati” dan “kata pikiran”. Biasanya kata hati yaitu bisikan yang petama kai kita dengar. Namun kita menjadi bingung, karena bisikan itu terkontaminasi oleh pikiran. Misalnya, kata hati kalian mengatakan bahwa kalian ingin jadi dokter. Namun, seiring bertambahnya waktu ia mulai luntur karena kamu terlalu memikirkan keadaaan dan muncul pertanyaan, “apakah aku bisa? Tapi.. sepertinya aku gak bisa.. Dokter itu kan mahal, dan bla bla..”. pertanyaaan2 itulah yang disebut kata pikiran, karena ia terlalu memikirkan keadaan yang terkadang membuat kita down. Tapi ingatlah.. ikuti kata hatimu :)
3). Find the opportunity
Setelah kamu sudah tau passion dan akat kamu, what’s next? Yup.. kamu mesti pinter cari peluang. Coba kamu cari info tentang universitas yang kamu tuju. Kamu liat, daya tampung dan passing gradenya. Biasanya ada universitas yang sangat sulit dimasuki lewat jalur SNMPTN, misalnya UGM. Nilai kamu tinggi, akreditasi sekolah baik, prestasi banyak belum tentu bisa ketrima di UGM (that’s fact) :p .
Selain itu, kalian juga mesti liat pesaing di sekolah kamu yang mendaftar di PTN yang sama. Jika ada temen kamu yang ngambil prodi sama di PTN sama kaya kamu, coba kamu kepoin nilainya. Jika nilai kamu lebih tinngi, monggo dilanjut! Tapi jika nilaimu lebih rendah, hmm kayanya mending cari PTN yang lain u.u soale jarang banget ada PTN yang nrima lebih dari satu siswa di prodi yang sama (ane bilang jarang, tapi ya msh tetep ada cuman gak sering wkwk). Kebetulan dulu pas ane daftar Snmptn ane gak punya saingannya. Artinya gak ada yang daftar seprodi sama ane, jadi ya peluang ane untuk ditrima cukup besar hahaa.


4). Kepoin nilai kakak kelas
Nah.. ini yang ane lakuin dulu :p KEPOIN nilai kakak kelas. kebetulan dulu ada kakak kelas yang prodinya sama dengan yang ane pilih. Terus yang ane lakuin adalah, ane pergi ke BK dan minta daftar nilai-nilai kakak kelas ane. Ane catet baik2 nilainya per mapel, terus ane bawa pulang. Nah pas di rumah, ane bandingkan nilainya dengan nilai ane. Alhamdulillah gak terlalu beda jauh, jadi ya ada rasa lega. Biasanya kalo nilai kalian gak terlalu beda jauh atau bahkan ebih tinggi, insyaAlloh peluang  kalian untuk bisa f=ditrima di PTN tsb cukup besar, insyaAlloh J

5). Minta restu orangtua dan berdoa
“Restu Allah adalah restu Orang tua”.Kalian gak mau dilaknat Alloh karena kalian dianggap sebagai anak durhakan kan? Gak lahh.. so, jangan lupakan restu orang tua guys. Pastikan kalian minta izin sama ortu dulu sebelum menentuan pilihan. Karena tanpa restu ortu, maka pilihan yang kamu pilih pasti akan menimbulkan mudharat di masa mendatang. Jadi pastikan terucap kata, “iya nak, saya meridhoi yang kamu pilih” dari mulut kedua ortumu.
Setelah restu ortu kamu dapatkan, seanjutnya jangan lupa berdoa kepada Tuhan kalian. Bagi yang muslim, kalian bisa melaksanakan Sholat Hajat agar keinginan kalian bisa dikabulkan oleh Allah hehe. Jangan lupa berdoa, semoga apa yang kalian pilih bisa mendatangkan manfaat dan keberkahan  untuk diri sendiri, orangtua, dan masyarakat sekitar di masa mendatang, Aamiin.

6). Siapakan segala macam kemungkinan
Sebelum pengumuman SNMPTN sebaiknya kalian persiapkan buat SBM. Bisa dengan mengikuti bimbel, beli buku SBM, ataupun belajar sendiri. Kalian juga harus punya rengrengan/target, well setelah kita tidak lolos apa yang akan kita lakukan. Iyap kita kita harus punya tujuan, misal ane akan mendaftar di PTN/PTS A,B,C dll. Jadi jika kemungkinan negatif itu datang, kita sudah punya persiapan dan kita tidak  terlalu shock dan stress. Ingat, IF PLANT A DIDNT WORK, THE APLHABET HAS 25 MORE LETTERS. SO STAY COOL ^_^
Tapi guys.... Kita tau bahwa Allah menciptakan segala hal itu berpasang-pasangan. Cewek sama cowok, baik-jahat, positif-negatif, gagal-sukses. Jadi kita harus mempersiapkan segala kemungkinan itu. Bukan berarti kita pesimis, tapi supaya kita mempunyai hati yang besar tatkala kemungkinan yang tak diharapkan mendatangi kita. Iya, kita harus menyisipkan kemungkinan “gagal”, tapi dengan rasa tanggungjawab. Artinya apa? Kita harus tetap berpikiran positif dan terus bangkit. Barangkali apa yang kita pilih bukan yang terbaik untuk kita, jadi dengan tidak diterimanya kita bisa jadi itu pilihan yang tebaik untuk kita (walaupun agak meyakitkan) Ingatlah, Allah mengetahui apa yang tidak kita ketahui.

Tetap semangat yaak...
Semoga kalian semua sukses, Aamiin .
Wassalamu'alaikum wr.wb

Comments

Popular posts from this blog

Penjual Tape Termahal Keliling Malang

Sekilas.. Ilmu dan Teknologi Pangan

Organisasi itu nomer satu, tapi kuliah yang utama !